Baking & Travelling

Selasa, 26 April 2016

Tidung Island

Libur bersama bulan maret kemarin, saya diajak oleh tante saya untuk liburan di pulau tidung. Tante saya punya kenalan teman di pulau tidung yang menyewakan homestay dan mengurus transportasi kesana. Kami rombongan berjumlah sekitar 20 sudah termasuk bayi dan anak2. Kami menginap di homestay yang memilki pemandangan langsung kerarah pantai. Kami berangkat dari pelabuhan muara angke dengan menggunakan kapal kayu. Awalnya saya tidak tau kalau akan naik kapal kayu, untuk yang membawa bayi atau anak-anak saya sarankan jangan berangkat dari pelabuhan ini walaupun harga tiketnya murah yaitu sekitar 40rb sekali jalan. Di dalam kapal akan sangat panas karena penuh dengan orang dan juga jalan kapalnya sangat lambat dibutuhkan waktu sekitar 2,5-3 jam untuk sampai ke pulau tidung. 

Harga homestay di pulau tidur untuk dua kamar dan satu kamar mandi di dalam saya mendapatkan harga 200rb permalam karena harga teman, namun biasanya teman tante saya itu menyewakan homestaynya dengan harga 450rb semalam. Transportasi dipulau tidung tidak ada mobil, jika ingin mengangkut lebih dari satu penumpang disarankan menggunakan bentor sejenis becak motor dengan harga 15rb untuk sekali jalan. Secara keseluruhan pulau ini sudah padat oleh pengunjung dan warga yang tinggal disini, sayang sekali kebersihan di pulau ini kurang terjaga.

Banyak hal yang bisa dilakukan di Pulau ini, salah satunya dengan snorkeling. Kami bersnorkeling menggunakan perahu nelayan ke taman laut yang ada di dekat pulau. Pemandangan bawah lautnya masih cantik dengan berbagai ikan berwarna-warni. Selain itu kita juga bisa melakukan water sport seperti banana boat, fish flying, dan lainnya. Jembatan cinta juga dapat dijelajahi karena jembatan ini menghubungkan pulau tidung dengan pulau yang tidak berpenghuni, pulau ini hanya untuk pertanian menurut warga sekitar.

Ketika pulangnya saya memutuskan untuk menggunakan kapal cepat ke marina ancol. Harga tiket kapal ini 165rb untuk satu orang sekali jalan. Memang harganya 4 kali lipat dibanding kapal dari muara angke, namun dengan perjalanan yang cukup singkat hanya 45 menit dari tidung ke marina ancol, dan pastinya lebih nyaman dan aman untuk anak-anak. 

pemandangan pantai di depan homestay


clear water dan blue sky, perfect


jembatan cinta yang legendaris





snorkeling di dekat pulau

bentor, transportasi bermotor yang ada di pulau ini


pelabuhan pulau tidung, hari libur seperti ini ramai pengunjung

salah satu transportasi di pulau tidung selain bentor

kapal cepat dari pelabuhan marina ancol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar