Baking & Travelling

Senin, 10 Juni 2013

Donuts Homemade

Project hari minggu kemarin membuat donat, tapi sayangnya stock tepung komachi dirumah habis karena sudah dipakai buat roti dan pizza. Jadilah pakai tepung cakra saja yang masih ada sisa 400gr ditambah tepung segitiga 100gr. Karena takut adonan keras, maka saya tambahkan kuning telur. Ternyata hasilnya tetap empuk dan adonan tidak terlalu keras. Memang ada sedikit perbedaan dengan tepung komachi hasilnya, tapi menurut saya masih bisa diterima hasilnya..Adonan ini saya bagi menjadi dua, satu bagian adonan untuk saya buat donat, satu adonan lagi saya buat pizza manis.

·         500 gram Tepung Terigu (misal Cakra/ tepung breadtalk)
·         100 gram Gula pasir halus (Gula pasir diblender)
·         11 gram Ragi instan (Saf instan)
·         4 butir kuning telur
·         250 ml Susu cair dingin
·         60 gram butter
Bahan hiasan :
·         Coklat keping secukupnya
·         Keju
·         Gula Halus
Cara :
Campur bahan kering : Tepung, gula, ragi
Masukkan telur dan susu secara bertahap aduk adonan hingga tercampur rata
Masukkan butter campur hingga adonan kalis. Jika menggunakan tangan, agar adonan kalis bisa dibanting-banting sampai kalis elastis
istirahatkan adonan selama 15 menit
bentuk adonan bulat-bulat diamkan selama 1 jam hingga mengembang.
cetak menjadi bentuk donat, diamkan sebentar, lalu goreng dengan api panas sampai kuning kecoklatan.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar