Baking & Travelling

Minggu, 07 Desember 2014

Buttermilk Pancake

Selama ini saya membuat pancake pasti selalu gagal, hal ini dikarenakan saya selalu menghindari penggunaan baking powder. tapi kali ini saya beranikan untuk memakai baking powder. Khusus untuk pancake ini agar lebih mengembang dan fluffy disarankan memang pakai baking powder yang double acting. Baking powder ini bisa dibeli di toko bahan kue. Hasilnya memang jauh berbeda dari yang pernah saya buat sebelumnya. Pancake jadi lebih berisi dan lembuutt.

Bahan:
- 110 gram tepung terigu serba guna (Mis. Segitiga Biru)
- 1 1/4 sendok teh baking powder  (gunakan yang double acting, pastikan masih fresh, cek masa pakainya)
- 1 1/2 sendok makan gula pasir
- 1/4 sendok teh garam
- 1 butir telur ayam ukuran besar, kocok lepas
- 135 ml susu cair ( atau bisa diganti dengan 3 sendok makan susu bubuk full cream + 130 ml air aduk rata)
- 2 sendok makan mentega atau 40 gram, cairkan. Jika menggunakan margarine, skip penggunaan garam di resep.
- air jeruk nipis

Cara membuat:
Dalam mangkuk kecil campurkan susu cair dan air jeruk nipis/lemon, aduk rata dan diamkan selama 5 menit agar susu menjadi asam. Fungsinya sebagai pengganti buttermilk, untuk membuat tekstur pancake menjadi lembut dan empuk.
Dalam mangkuk terpisah aduk bahan kering: tepung terigu, garam, baking powder dan gula hingga rata dan gumpalan di tepung menghilang.
Siapkan mangkuk ukuran sedang, masukkan mentega cair (pastikan mentega telah dingin ketika dicampur telur), telur kocok dan susu. Aduk semua bahan hingga tercampur rata

Tambahkan tepung terigu ke dalam kocokan telur dan susu, aduk ringan dan sebentar saja dengan spatula hingga semua bahan basah dan tercampur.  Jangan mengaduk berlebihan.
Siapkan pan datar anti lengket, oleskan sedikit mentega.

Tuangkan satu sendok sayur adonan ke atasnya. Tunggu hingga keluar gelembung-gelembung kecil di permukaan adonan, anda boleh mengintipnya untuk melihat apakah dasarnya telah kecoklatan.
Balik adonan untuk memasak sisi sebelahnya,  jangan di tekan, biarkan pancake matang. Jika telah kecoklatan, angkat. Lakukan hingga semua adonan habis.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar