Baking & Travelling

Senin, 08 Desember 2014

Triple Choco Brownies

Pagi2 ngebaking ini sebenernya buat cemilan kakak filzah nanti sore ngaji. Barhubung ngajinya jam 4 dan saya pasti belum sampe rumah nanti sore, jadi saya putuskan buat browniesnya pagi. Waktu yang diperlukan terbilang singkat hanya 30 menit untuk persiapan dan 25-30 menit untuk pemanggangan. Resepnya saya ambil dari food blog-saya lupa punya siapa- namun saya modifikasi takaran dan bahannya. Seperti biasa saya selalu menghindari penggunaan baking soda atau baking powder.

Bahan :
4 butir telur 
135gr gula pasir
100 gr gula palem 
80 gr margarine, lelehkan bersama DCC
60 ml minyak goreng, satukan dg margarine cair dan DCC cair
100 gr DCC/coklat blok yang dark, lelehkan
Choco chip secukupnya, untuk campuran dalam brownies dan untuk taburan.
200 gram terigu protein sedang
25 gram coklat bubuk

Cara membuat :
  1. Panaskan oven suhu 180°C. Olesi loyang 22x22cm dengan margarin, alasi kertas roti dan olesi lagi dengan margarin. Lebihkan kertas rotinya untuk mengangkat brownies, karena brownies tidak dikeluarkan dengan cara dibalik.
  2. Kocok telur, gula pasir, gula palem, vanili, dengan mikser kecepatan rendah/whisker sampai gula larut saja. 
  3. Masukkan campuran terigu, coklat bubuk yang sudah diayak aduk menggunakan spatula/sendok kayu. Tambahkan campuran minyak, DCC dan margarin yang sudah dilelehkan aduk sampai tercampur rata. 
  4. Masukkan choco chip, aduk
  5. Tuang dalam loyang, ratakan. Taburi cocochip.
  6. Panggang selama 30 menit, angkat. Dinginkan lalu siap dipotong

Tips memanggang :
- Untuk menghasilkan brownies yang shiny crust di bagian atas, Pertama memanggang masukkan loyang pada rak paling atas, panggang selama 25 menit. Lalu turunkan suhu ke 150°C (untuk yang menggunakan otang). Apabila menggunakan oven listrik gunakan api atas, setelah itu pindah menggunakan api bawah
- Keluarkan brownies, tukar posisinya ke rak bagian tengah. Panggang kurang lebih selama 10 menit. Angkat.
- Saat dikeluarkan dari oven  brownies sudah terasa keras namun kalau ditekan teksturnya terasa empuk, ini menandakan brownies sudah matang. Karena setelah dingin brownies akan mengeras.
- Cara seperti ini akan menghasilkan brownies yang atasnya crust tapi tengahnya chewy. Apabila ingin brownies yang lebih kering tambahkan lagi waktu memanggangnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar