Baking & Travelling

Kamis, 05 Januari 2017

Umrah Backpacker Part 4 (Taif)

Berawal dari membaca tulisan Kota Taif dari http://riamirandadiary.com/places/umroh-trip-2015-medinah-mecca-jeddah-taif membuat saya penasaran ingin berkunjung kesana jika berumrah nanti, dan gayungpun bersambut ketika tim ubepe menawarkan city tour tambahan ke kota tersebut. City tour tambahan ke kota taif ini bersifat pilihan, hanya peserta yang mau saja yang dapat difasilitasi. Kami membayar 200 real untuk ke kota Taif ini, harga tersebut sudah termasuk transportasi bus PP, makan siang di restoran, tiket menaiki cable car, dan beberapa destinasi khas Taif seperti tempat pengolahan bunga mawar dan pasar buah. Perjalanan dari Kota Mekkah ke Kota Taif ditempuh dalam waktu kurang lebih dua jam dengan bus. Jalur darat ke Taif berkelok-kelok namun kita tidak merasakan keloknya karena jalanan pun dibuat sangat aman dan yg kita rasakan hanya jalan lurus saja.

Sekilas saya ceritakan tentang Kota Taif. Kota Taif ini berada di bagian tenggara kota Mekkah. Kota ini merupakan Kota dimana Rasulullah ketika berdakwah disana ditentang oleh warga Taif hingga dilempari batu. Pada awalnya Rasul pergi ke Kota Taif karena memiliki kerabat yang tinggal disana yakni saudara sepersusuan beliau dengan dugaan akan diterima dengan baik oleh kerabat Rasul. Ternyata penduduk Taif tidak menyukai Rasul berdakwah disana, sehingga Rasul diusir dari kota tersebut. Ketika itu malaikat menawarkan kepada rasulullah untuk membalikkan gunung-gunung (karena letak kota ini yang dikelilingi berbagai gunung batu) yang ada di Taif dan memusnahkan penduduk di kota ini. Namun Rasulullah melarang malaikat dan malah berbalik mendoakan penduduk kota ini bahwa nanti semoga anak dan cucu penduduk kota ini dapat mencintai Islam. Doa Rasulullah pun terkabul, sekarang kita dapat melihat penduduk kota ini yang memeluk dan mencintai Islam.

Kota Taif merupakan kota militer karena basis tentara Arab Saudi sebagian besar berada di kota ini. Karena hal tersebut setiap pengunjung yang ingin masuk ke kota ini harus selalu melalui pemeriksaan identitas yaitu passpor. Selain dikenal sebagai kota militer, Taif juga dikenal sebagai penghasil buah-buahan segar karena letaknya di pegunungan dan berhawa sejuk sepeti di puncak Indonesia. Sebagian buah-buahan di Aran Saudi dipasok oleh kota ini. hal yang terkenal lainnya di taif yaitu berbagai  olahan dari mawar, seperti air mawar, parfume, dan teh mawar. 

Saat ini Taif juga terkenal dengan cable car dan water parknya. Cable car ini berada di dalam kompleks hotel Ramada. Menurut saya cable car Taif ini termasuk yang paling ekstrim jalurnya, karena pengunjung akan dibawa menuruni gunung-gunung yang curam hingga ke lembah. Total perjalanan cable car ini sekitar 30 menit bolak balik. Cable car ini melewati jalan aspal yang berliku khas kota Taif. Kita akan melihat pemandangan gunung-gunung batu yang curam dari dalam cable car. Cable car ini bermuara pada satu water park yang berada di lembah, jika kita ingin bermain air di waterpark, pengunjung bisa turun dari cable car dengan sebelumnya membeli tiket terusan termasuk water park. Jika hanya membeli tiket cable car saja, pengunjung akan langsung kembali ketempat asal menaiki cable car.

Pemeriksaan paspor yang dilakukan petugas di pintu gerbang kota Taif

Tempat ini merupakan tempat Rasulullah menyandarkan lengannya karena kelelahan berjalan dari Mekkah menuju Kota Taif untuk berdakwah. Tanpa disadari darah mengucur dari lengan beliau dikarenakan batu-batu tempat beliau menyenderkan lengan yang tajam, karena kontur kota Taif yang penuh dengan batu dan pegunungan. 


Restoran bergaya khas timur tengah di Kota Taif

Mandi rice, salad satu menu wajib dicoba jika ke Arab

Air mawar yang merupakan salah satu yang dihasilkan dari Kota Taif

berbagai buah-buahan segar yang dihasilkan di Kota Taif

Tempat pengolahan berbagai olahan dari mawar

Teh mawar, rasanya benar- benar wangi mawar

di dalam toko yang menjual berbagai olahan mawar

Jalur menuju kota Taif yang berliku-liku dilihat dari atas cable car

Jalur cable car Taif yang sangat curam menghubungkan satu gunung ke gunung lainnya

Taif cable car, rasakan sensasi melintasi pegunungan batu dg kemiringan curam selama 30 menit...amazing…🚠 



Dalam 1 cable car ini dapat menampung kurang lebih 6 penumpang

pintu masuk cable car 

cable car ticket box

Diujung jalur cable car ini terdapat water park

Tidak ada komentar:

Posting Komentar