Baking & Travelling

Minggu, 11 September 2016

Bolu Kukus Ubi Ungu


Sepertinya saya kena kutukan bolu kukus, sudah dua kali saya mencoba membuat bolu kukus tapi selalu gagal tidak mekar, padahal saya sudah melakukan sesuai dengan tahapan-tahapanya sesuai resep.  Mungkin kukusan yang saya gunakan terlalu kecil karena saya hanya pakai kukusan tupperware saja. Warna ubi ungunya juga kurang keluar, bisa saja untuk hasil warna yang lebih cantik bisa ditambahkan pewarna makanan bewarna ungu. Seperti biasa resep ini saya ambil dari instagram namun ada beberapa bahan yang saya modifikasi ukurannya seperti pemakaian gula yang tidak terlalu banyak, resep asli menggunakan gula 250 gr, namun saya hanya memakai 150 gr sudah cukup manis.

Bahan A:
100 gram ubi ungu kukus, haluskan200 ml air

Bahan B:
2 butir telur
150 gram gula pasir 
230 gram tepung terigu
25 gram susu bubuk
½ sdt vanilla cair/ bubuk

Cara membuat:
1. Blender ubi ungu dan air sampai lembut, sisihkan
2. Kocok telur dan gula pakai mixer sampai kental tambahkan vanilla
3. Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk rata pakai mixer kecepatan rendah Tuang campuran ubi ungu sedikit sedikit sambil diaduk rata pakai mixer kecepatan rendah
4. Tuang adonan ke dalam cetakan bolu kukus yang dialas kertas kue
5. Kukus 15 menit dengan api besar di kukusan yang sudah dipanaskan lebih dulu



Tidak ada komentar:

Posting Komentar