Baking & Travelling

Rabu, 26 November 2014

Buttermilk Chocolate Muffins

Pas dikantor lagi kebayang-bayang sama kue coklat, akhirnya browsing2 nemu blognya mb isna susanto yang banyak bertebaran berbagai resep kue. Salah satu resep yang buat saya langsung sumringah yaitu buttermilk chocolate muffins ini. Kebetulan pas sekali dengan keinginan saya yang mau makan kue coklat. Setelah pulang kerja saya sempatkan untuk langsung mencoba si resep muffins namun ada beberapa yang saya modifikasi baik dari bahan2 maupun teknik pembuatannya. Hasilnya cukup nyoklaatt dan tidak terlalu manis karena saya mengurangi jumlah takaran gula.

Bahan :
100 gram mentega
125 gram dark cooking chocolate, cincang kasar
100 ml buttermilk (susu cair yang diberi air jeruk nipis, diamkan 15 menit)
2 butir telur, kocok lepas
175 gram terigu protein sedang
15 gram coklat bubuk
100 gram gula pasir, blender halus.
1/2 sdt baking powder, saya pakai double acting
  75gram chocolate chips 

 
Cara membuat : 
- Panaskan oven 200'C. Siapkan loyang muffin, alasi papercup. Sisihkan.
- Lelehkan mentega diatas api kecil. Masukkan dark cooking chocolate cincang. Aduk hingga coklat cukup meleleh dan tercampur rata. Angkat. 
- Masukkan buttermilk, aduk rata. Sisihkan hingga agak dingin.
- Kocok telur dengan gula halus hingga mengembang masukkan ke dalam campuran coklat. Aduk rata. Sisihkan.
- Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, baking powder, soda kue.
- Tuang adonan coklat ke dalam campuran tepung, cukup aduk dua atau tiga kali sampai tercampur dan tepung jadi basah saja jangan overmix.
- Masukkan chocolate chips. Aduk. Tuang dalam papercup/cetakan muffin hingga 3/4 penuh. 
- Panggang dalam oven panas 200'C hingga mengembang naik, kurang lebih 20-25 menit.
- Angkat. Sajikan hangat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar