Baking & Travelling

Minggu, 10 September 2017

Chapt 2 : Kansai International Airport (KIX) for Muslim Traveller


Jika kita ke Jepang dan turun di bandara Kansai, maka ada beberapa hal yang wajib diketahui oleh traveller. Ada beberapa tempat makan halal di bandara Kansai salah satunya adalah resto the U-don. Resto ini menyediakan makanan ramen rasanya mirip dengan marugame udon yang ada di Indonesia. Tempat makan halal ini sudah bersertifikat halal dan mereka memajang logo halal di depan kedainya. Letaknya ada di lantai 2 terminal 1, di depan pintu kedatangan domestik. Sangat mudah menemukan restoran ini di bandara Kansai. Menu yang paling banyak dipesan adalah niku udon yang wajib dicoba, karena rasanya yang enak dan pas dengan lidah kita. Selain the U-don, resto yang berlabel halal di bandara Kansai ada SOJIBO di terminal 1 lantai 3 dan ORAGASOBA di aero plaza lantai 3. ketiga restoran ini merupakan restoran masakan Jepang. 

Kansai International Airport

sudah ada label halal di depan kedainya

menu dan harga di The U-don

penataan kedainya pun mirip marugame di Indonesia

menu niku udon yang paling favorit di the U-don

Selain resto halal, dibandara ini juga terdapat tempat sholat beserta tempat wudhu yang memadai. Prayer room terletak di lantai 3 terminal 1 dekat dengan uniqlo tepatnya disamping Korean Air lounge, sudah terdapat pemisahan tempat sholat antara laki-laki dan perempuan. Disediakan juga al Quran dan peralatan sholat disini. Selain di lantai 3 terminal 1, dua prayer room yang lain terletak di area departure internasional, tepatnya di sayap uatara dekat gate 16 dan sayap selatan dekat gate 26. 

patokannya adalah uniqlo di lantai 3

petunjuk arah prayer room di terminal 1 lantai 3

disediakan juga tempat pelengkapan sholat dan al-quran

tempt whudu di prayer room bandara Kansai

ruangan sholat yang bersih dan nyaman

sudah ada pemisahan tempat sholat anatar laki-laki dan perempuan

Ada berbagai cara menunju kota Osaka dari bandara ini, antara lain dengan segera mengaktifkan JR pass atau membeli tiket kereta nankai express. Karena saya berada di Jepang lebih dari 7 hari dan hari terakhir JR pass akan saya pergunakan untuk kembali lagi ke Osaka, maka sy tidak mengaktifkan JR pass di hari pertama tiba di Jepang. Saya membeli tiket kereta nankai express menuju stasiun nankai namba. Saya membeli tiket nankai express seharga 270rb per orang PP (dari Kansai airport-namba st.-Kansai airport) di klook. Harga ini jauh lebih murah dibandingkan membeli langsung di bandara Kansai. Jika kita membeli di klook, kita harus menukarkan booking pembelian di counter nankai yang berada tepat di depan pintu masuk nankai express. Counter nankai ini juga masih satu area dengan tempat penukaran JR pass di bandara Kansai. Waktu tempuh kereta ini sampai ke stasiun nankai namba sekitar 40 menit dan di dalamnya disediakan wi fi gratis yang tergabung dalam Osaka free wi fi.  

tiket kereta nankai exprees yang sudah di tukarkan di counter nankai

tempat penukaran tiket nankai express yang dibeli di Klook

gate masuk ke stasiun kereta khusus kereta nankai, gate ini bersebelahan dengan gate JR line

kereta nankai express

di dalam kereta nankai express, sangat nyaman

tempat menunggu naik kereta juga terdapat mesin minuman koin

tidak hanya minuman koin, tapi juga ada mesin untuk es krim koin

es krim yang dijual di mesin koin, seharga 170 yen

Seperti stasiun dan bandara pada umumnya, bandara Kansai dan stasiun namba juga menyediakan tempat penyimpanan koper atau sering disebut coin locker. Coin locker ini sering ditemui di stasiun-stasiun, terminal bis atau mall di Jepang.

contoh koin locker di stasiun nankai namba

untuk loker besar harga sewanya 500 yen dan loker kecil harga sewanya 300 yen, hanya sampai jam 22.00 saja











1 komentar:

  1. Baru tahu nih. Tapi di bandara Narita jg ada musola dan di sekitarnya banyak makanan halal kan?

    BalasHapus