Baking & Travelling

Sabtu, 23 September 2017

Chapt 3 : Transportasi di jepang (shinkansen, JR line, subway)


Jika kita ada rencana ke Jepang, hal yang perlu dipelajari adalah peta/rute kereta selama disana. Jepang punya berbagai pilihan transportasi baik di dalam kota maupun antar kota. Di dalam kota misalnya baik itu di dalam kota Tokyo atau Osaka kita bisa menggunakan kereta jaringan JR line jika kita menggunakan JR pass, selain JR line ada kereta subway dan metro yang bisa digunakan wisatawan. Stasiun JR line dan subway biasanya terpisah namun masih tetap dalam satu kawasan yang bisa dicapai dengan berjalan kaki. Jika kita pemegang JR pass, tiket subway dan metro ini tidak tercover didalamnya, sehingga kita harus membeli tiket lagi. Ada beberapa destinasi wisata yang memang harus menyambung menggunakan subway atau metro diantaranya Universal Studio, Aquarium Osaka Kaiyukan, Tokyo Sky Tree.


stasiun JR line






suasana di dalam stasiun Osaka

di dalam kereta JR line dalam kota Osaka


Sebelum ke Jepang sebaiknya kita mempelajari peta/rute jaringan kereta di kota yang kita tuju. Hal ini dapat mempermudah kita dalam menentukan destinasi wisata, itinerary selama disana, dan tempat penginapan yang dekat dengan stasiun kereta besar sehingga kita tidak perlu berkali-kali transit. Peta jaringan kereta ini bisa kita dapatkan di internet, pameran2 wisata Jepang yang sering diadakan di mall2, atau bisa juga didapatkan di bandara dan stasiun2 besar di Jepang. 

peta JR line Tokyo

peta JR line Osaka


Untuk transportasi antar kota atau luar kota, sebagai pemegang JR pass, kita bisa memanfaatkan bullet train/shinkansen secara gratis selama periode waktu JR pas yang kita beli. Waktu tempuh dengan menggunakan shinkansen ini jauh lebih cepat. Contohnya seperti waktu tempuh dari Osaka ke Tokyo yang hanya dicapai dalam waktu 3 jam saja padahal jaraknya sama seperti Jakarta-Jogja. Begitu pula dengan waktu tempuh Osaka- Kyoto yang dapat ditempuh hanya dalam waktu 15 menit saja.


Shinkansen/ bullet train

di dalam shinkansen




tiket shinkansen yang sudah dipesan sehari sebelumnya

di dalam stasiun shin-osaka



Perlu di ingat jika kita mau menggunakan Shinkansen tidak semua stasiun kereta dapat naik dan turun kereta ini, kita harus menuju stasiun shinkansen contohnya seperti jika kita mau ke Tokyo, Kobe, atau Kyoto dari Osaka, kita bisa naik dan turun kereta shinkansen dari stasiun Shin Osaka. Setiap stasiun baik stasiun JR line, shinkansen, subway dan metro selalu tertera petunjuk jadwal kedatangan dan tujuan kereta, sehingga kita tidak perlu bertanya kepada petugas kereta yang akan kita naiki, tinggal melihat papan pengunguman yang berada di dalam stasiun. Perlu diketahui jadwal kereta di jepang selalu tepat waktu baik kedatangan maupun keberangkatan, sehingga jika kita mau menggunakan shinkansen untuk pergi keluar kota, sebaiknya kita datang lebih awal agar tidak tertinggal kereta. Walaupun ketinggalan jadwal kereta yang sudah kita pesan,  jadwal keberangkatan kereta shinkansen setiap 30 menit, jadi kita dapat menaiki shinkansen selanjutnya. Satu lagi hal yang perlu diketahui jika mau perjalanan keluar kota dengan jarak yang agak jauh seperti Osaka-Tokyo, kita bisa memesan kursi minimal sehari sebelum agar mendapatkan jadwal shinkansen yang kita inginkan. Pemesanan kursi ini bisa dilakukan di stasiun2 besar JR line seperti stasiun osaka atau shin osaka. Wisatawan cukup dengan menunjukkan JR pass kepada petugas dan memilih jadwal keberangkatan, nantinya akan diberikan tiket shinkansen sesuai dengan jam keberangkatan yang diinginkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar