Baking & Travelling

Selasa, 09 April 2013

Chifon Cake Keju



Resep ini aq ambil dari blognya cakefeever, dan baru pertama kali nyoba buat, ternyata berhasil-berhasill... :)
150 gram terigu protein rendah, ayak
100 gram keju cheddar, parut
1/2 sdt garam
100 gram gula kastor
100 ml minyak goreng
100 ml susu cair (aku pakai UHT)
5 kuning telur
7 putih telur


Olesan dan Taburan:
200 gram mentega/margarine (aku tidak pakai olesan)
200 gram keju cheddar, parut (keju langsung aku tabur sebelum dipanggang)


How-To:
Panaskan oven pada 180 derajat Celcius. Siapkan loyang chiffon diameter 24 cm. Jika ada, gunakan loyang chiffon berkaki. Jangan olesi bagian dalamnya dengan minyak/margarin.
Campur terigu dengan keju parut, garam, dan 2 sdm gula kastor, aduk rata. Buat lubang di tengah campuran tepung, tuangi minyak goreng, susu dan kuning telur. Aduk dengan pengocok kawat hingga licin, sisihkan.
Kocok putih telur dengan mikser berkecepatan sedang hingga berbusa, masukkan cream of tartar (kalau pakai) dan sisa gula dalam beberapa tahapan. Kocok hingga putih telur membentuk ujung yang tumpul waktu mikser diangkat.
Masukkan putih telur dalam beberapa tahapan ke dalam adonan tepung, aduk perlahan hingga rata. Perciki bagian dalam loyang dengan air masak.
Tuang adonan ke dalam loyang. Masukkan dalam oven, panggang hingga matang (kira-kira 75 menit). Tandanya tidak ada sisa adonan yang menempel ketika ditusuk dengan lidi. Keluarkan kue dari oven, segera balikkan loyang hingga kue benar-benar dingin (kurang lebih 1 1/2 jam). Keluarkan kue dari loyang dengan bantuan spatula/pisau panjang.
Balikkan kue di rak kawat, balik sekali lagi ke piring saji sehingga bagian atas kue tetap di atas. Olesi seluruh permukaan kue dengan mentega/margarin, lalu taburi keju parut.

Notes:

Masukkan putih telur sedikit dulu ke dalam adonan tepung. Aduk balik perlahan, setelah itu masukkan lagi secara bertahap. Tekstur halus Chiffon cake sangat dipengaruhi oleh adukan ini. Bila ada putih telur yang masih belum teraduk sempurna, bisa menimbulkan rongga-rongga di chiffon cake yang sudah dipanggang.
Saat memanggang, aku menggunakan suhu 150 C dan waktu panggang selama 90 menit sesuai ajaran mbak Fatmah 
Jangan membuka pintu oven selama paling tidak 60 menit pertama supaya cakenya tidak kempes.
Setelah 90 menit, aku cek permukaan kue. Ketika sudah cukup kering baru dikeluarkan.
Keju aku tabur langsung ketika adonan belum dipanggang. Hasilnya adalah keju yang crispy menambah kelegitan chiffon cakenya.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar