Baking & Travelling

Selasa, 17 Maret 2015

Bika Ambon


pengen bikin kue basah yang simple, nemu resep dari mb Rina Audie di blognya. baca resepnya sepertinya gampang, jadilah eksekusi si bika ambon ini, ternyata memang gampang dan anti gagal resepnya.

Bahan :
200 ml santan dari 1/2 butir kelapa tua
4 lbr daun jeruk purut, buang tulang daunnya
1/4 sdt garam halus
1 sdm air kunyit (dari 1 ruas kunyit diparut, diberi 1sdm air dan diperas airnya) 
125 gr tepung sagu tani (saya pake merk Pak Tani )
2 butir telur ayam
125 gr gula pasir 

Bahan biang :
40 gr tepung terigu protein sedang
1/2 sdm ragi instant
1 sdm gula pasir
150 ml air hangat

Cara membuat :
1. Rebus santan, daun jeruk, garam dan air kunyit sampai mendidih sambil diaduk aduk supaya tidak pecah. Dinginkan. Ukur sebanyak 175 ml.
2. Biang : Campur terigu, ragi instant, gula pasir dan air hangat, aduk rata dan diamkan selama 30 menit sampai mengembang.
3. Dalam sebuah wadah besar campur tepung sagu dan telur, aduk menggunakan whisker sampai rata. Tuangkan santan ke dalamnya, aduk rata.
4. Masukkan gula pasir dan biang aduk sampai merata. Adonana akhir yang terbentuk cair/encer ya. Fermentasikan selama 2 jam.
5. Setengah jam sebelum fermentasi berakhir panaskan nampan/loyang bekas, isi dengan pasir bersih setinggi +/- 1 cm. Nyalakan api sedang (ujung dari lidah api cukup menyentuh dasar nampan saja). Siapkan juga loyang ukuran 20x10x7 cm olesi dengan minyak goreng dan letakkan di atas pasir tadi. Biarkan loyang menjadi panas.
6. Ambil adonan, tuang kedalam loyang panas. Akan terdengar bunyi mendesis ceesss.....begitu adonan dituang. Panggang menggunakan panas sedang. Biarkan adonan berlubang-lubang selama +/- 30 menit.
7. Setelah permukaan kue agak mengering, tutup loyang menggunakan tutup panci dan lanjutkan memanggang +/- 10 menit sampai permukaannya kering. Angkat dari api dan biarkan hangat. Keluarkan dari loyang, dinginkan dan potong potong.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar