Baking & Travelling

Senin, 16 Maret 2015

Brownie Butter Cake


Lagi browsing2 resep nemu website Rasa Malaysia, ternya kue-kuenya menarik buat di coba. Saya menemukan satu resep yang gampang dan unik, yaitu brownies yang di gabungkan dengan buttercake, hmmm..rasanyaa beda. Manisnya brownies diimbangi dengan rasa butter cake yang gurih, penasaran? Yuk ah buat…

Bahan brownie :
- 140 gr coklat batang warna gelap/Dark Cooking Chocolate (DCC), cincang kecil-kecil
- 50 gr mentega
- 50 gr brown sugar (saya nggak punya dan diganti dengan gula palem)
- 1 butir telur utuh
- 35 gr tepung terigu serbaguna

Bahan butter cake :
- 120 gr mentega
- 100 gr gula pasir
- 2 butir telur utuh
- 120 gr tepung terigu serbaguna
- 50 ml susu cair

Cara membuat :
1.Brownie :  lelehkan DCC dan mentega dengan cara ditim (double boiler). Angkat dan tuang ke dalam wadah besar. Dinginkan. 
2.Siapkan loyang tulban diameter 16 cm, alasi kertas roti dan olesi margarin, sisihkan. Panaskan oven dengan suhu 180°C.
3.Setelah DCC dingin masukkan brown sugar dan telur, aduk rata menggunakan whisker. Menyusul terigu dan aduk rata kembali. Tuang ke dalam loyang dan panggang selama 10-15 menit. 
4.Butter cake : Kocok mentega dan gula menggunakan mixer sampai pucat warnanya. Masukkan telur dan kocok dengan mixer speed rendah sampai rata. 
5.Masukkan terigu berselang-seling dengan susu cair sampai rata. Adonan yang terbentuk sangat kental. 
6.Keluarkan loyang dari oven. Tuang adonan putih ke atas brownie, ratakan permukaannya. Turunkan suhu oven 160°C. Panggang kembali selama 20-25 menit (saya selama 35 menit). Tusuk menggunakan lidi, jika dikeluarkan kelihatan bersih, artinya sudah matang.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar