Baking & Travelling

Senin, 28 Mei 2012

Chocolate Truffle Cream

Niat banget pengen bikin cake ini, soalnya pertama kali liat di blognya mb ricke tuh bener-bener bikin ngiler..bahan-bahan udah semua di beli, tinggal eksekuai aja. Pas bikin aq ga pake gelatine, hasilnya memang tidak sekokoh cake yang pake gelatine terutama untuk bagian creamnya. Walhasil jadi ga boleh lama-lama cake ini di taruh di luar freezer. Tapi overall aq puas dengan hasil cakenya, enakk..sebandinglah dengan bahan-bahan yang dipakai.
Bahan:
-       250 gram dark couverture chocolate, potong-potong (bila tak ada couverture chocolate bisa saja menggunakan dark compound chocolate)
-       125 ml dairy whip cream suhu ruang (aq pakai Anchor)
-       250 ml non dairy whip cream dalam keadaan dingin (aq pakai 100 gram non dairy whip cream bubuk dan 200 ml air es)
-       1 sdt gelatin bubuk (aq ga pake)
-       Coffee syrup untuk membasahi cake (aq ga pake)
-       Coklat bubuk untuk dusting
-       Strawberry (ini aq tambahin sendiri untuk penghias)
-       Gula halus untuk dusting
Cara membuat:
1.       Panaskan dairy whip cream dengan api kecil tidak perlu sampai mendidih. Masukkan dark chocolate. Aduk rata hingga menyatu dan lembut. Sisihkan
2.      Kocok non dairy whip cream hingga setengah kaku, masukkan campuran coklat. Aduk rata manual dengan menggunakan hand whisk.
3.      Campur gelatin dan air. Panaskan dengan cara ditim sambil diaduk-aduk hingga gelatin larut dan bening. Masukkan ke dalam truffle cream, aduk rata.
Penyelesaian:
Buang kulit bagian atas pada cake (ditrim sedikit permukaannya). Belah 2 cake.
Siapkan loyang ring (loyang tanpa alas) diameter 18 cm (aq pakai Loyang 22 jadinya tipiss cakenya..>_<), lapisi bagian sisi dalamnya dengan mika (aq ga pake).
Taruh selembar cake pada bagian dasar. Beri 1/2 bagian truffle cream, ratakan. Taruh kembali selembar cake di atasnya. Beri 1/2 bagian lagi truffle cream.
Bekukan dalam freezer minimal 1 jam. Lepaskan ringnya. Dusting dengan coklat bubuk dan gula halus, hias dengan strawbery. Potong-potong. Sajikan dingin.
Bisa juga hanya menggunakan selembar sponge cake di bagian alasnya saja. Atau dibuat ukuran mini dengan menggunakan ring dari mika yang dibentuk kecil-kecil.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar