Baking & Travelling

Senin, 28 Mei 2012

Fruit Japanese Cheese Cake

Kali ini mau coba bikin Japanese cheese cake, tapii yang ada crustnya, biar terlihat lebih kokoh. Nemu resep crust ini dari web cakefeever yang seharusnya memang buat cheese cake. Kalau untuk resep Japanese cheese cakenya ngambil dari blognya mb ricke yang di adopt dr yasaboga. Baru pertama kali ini bikin Japanese cheese cake, pake di modif lagi...tapi hasilnya lumayan juga untuk ukuran pemula,,,hehe..sayangnya pada saat pemanggangan, Loyangqu yang isinya air untuk teknik pemanggangan au ban marie ini bocor, jadi harus sering-sering ditambah air, supaya tetep moist hasilnya.

Bahan:
Crust
-       250 gr biskuit oreo (aku pakai 250 gram marie regal)
-       100 gr margarine lelehkan
-       1/2 sdt vanili bubuk (skip)
-       kopi instant (skip)
Cake
-       50 gram terigu
-       50 gram maizena
-       60 gram butter
-       250 gram cream cheese (biarkan pada suhu ruang)
-       120 ml whip cream cair
-       3 butir kuning telur
-       1 butir telur utuh
-       5 butir putih telur
-       2 sdt parutan kulit jeruk lemon (aq g pake)
-       1/8 sdt garam
-       125 gram gula pasir
-       1 sdm air jeruk lemon

Cara membuat:
-       Siapkan loyang bongkar pasang 22 cm olesi mentega, sisihkan. Hancurkan biskuit hingga halus, lalu tuang butter (atau margarine) yang sudah dilelehkan, aduk rata. Masukkan adonan biskuit pada loyang, ratakan dan tekan-tekan sampai padat, oven sebentar [5-10 menit] angkat, sisihkan.
-       Campur dan ayak terigu dan maizena. Sisihkan
-        Campur butter, cream cheese, dan whip cream. Panaskan diatas api kecil sambil diaduk rata sampai meleleh. Ga usah terlalu lama ya, asal sudah leleh dan tercampur rata langsung angkat
-       Masukkan campuran terigu dan maizena. Aduk rata. Masukkan kuning telur dan telur utuh. Aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon aduk rata. Sisihkan.
-       Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai putih telur mengembang dan membentuk kerucut tumpul ketika mixer diangkat (soft peak).
-       Tuang 1/3 adonan putih telur ke dalam adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur (teknik pancingan), aduk rata sampai homogen. Tuang adonan ke loyang, panggang dg cara au bain marie (steam bake atau pemanggangan dg menggunakan loyang air) selama kurang lebih 75 menit atau sampai permukaan cake menjadi kuning/coklat keemasan (tergantung oven masing-masing yaaaa... ada juga yang lebih lama sekitar 90 menitan). Keluarkan dari oven.
-       Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang. Kelupas perlahan kertas rotinya. Siap disajikan dg olesan glaze di atasnya atau diberi topping sesuai selera.
Glaze:
-       2 sdm selai apricot/strawberry/blueberry
-       2 sdm air
-       Panaskan selai dan air, aduk rata. Oles ke atas cake
(Sumber: 35 Variasi Resep-resep Cheesecake by Yasaboga, Cakefeever)
 Note :
-       Pastikan Loyang kedap air, jangan sampai ada air yang masuk ke dalam Loyang pada saat memanggang
-       Jaga agar ketinggian air selalu berada 1/3 tinggi Loyang, untuk menjaga kelembapan cake pada hingga matang






Tidak ada komentar:

Posting Komentar