Baking & Travelling

Jumat, 08 Agustus 2014

Sagu Keju

Sagu keju adalah kue kering favorit saya sejak dulu, sehingga saya memutuskan akan membuat kue ini ketika lebaran akan tiba. Resep ini juga saya dapatkan di salah satu blog tentang makanan.


Bahan:
300 gr tepung sagu (sagu tani)
2 lbr daun pandan
100 gr margarine
50 gr mentega
150 gr gula halus --> saya cuma pake 100 gr saja
1 btr kuning telur
100 gr keju edam --> saya pake keju cheddar parut halus
50 ml santan kental -> saya pake sekitar 30 ml santan instant

Cara membuat:
- Sangrai tepung sagu dan daun pandan dengan api kecil hingga daun pandan kering. Angkat,dinginkan.
- Kocok margarine dan mentega hingga putih dan lembut masukkan gula, kocok rata, tambahkan kuning telur, kocok rata.
- Campur tepung sagu dan keju parut, tuang bertahap kedalam adonan mentega, aduk rata. Tambahkan santan, aduk lagi hingga rata.
- Bagi adonan menjadi 2 bagian. Beri warna pada salah satu bagian adonan. Aduk rata
- Masukkan adonan kedalam plastik segitiga, 2 adonan disandingkan kemudian dimasukan ke dalam kantong yang isinya spuit. Semprotkan kedalam loyang tipis yg sudah dioles mentega dan ditabur tepung.
- Oven hingga matang.

Catatan:
- Spuit yang paling nyaman yang ujungnya tajam
- Pake double untuk piping bagnya (plastik segitiga) plastik pertama untuk adonan, plastik kedua untuk spuit, plastik adonan ntar masuk ke plastik spuit.
- Panggangnya ga lama kok, jangan sampai bawah kue udah kuning, itu artinya kue udah overbake. kalo sagu keju, tanda udah mateng bawahnya akan tetap putih kok. Jadi lihat saja kejunya. Kalo kejunya udah kelihatan coklat, itu tandanya sagu keju udah mateng. Harus sering-sering dicek ovennya ya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar