Baking & Travelling

Senin, 15 Februari 2016

Bali Part 3 (Uluwatu, Suluban Beach & Tanah Lot)

Ini kali dua saya mengunjungi pulau cantik ini. Namun masih banyak tempat yang belum saya kunjungi dipulau ini, salah satunya kawasan uluwatu. Liburan kali ini Uluwatu menjadi salah satu tempat tujuan yang wajib saya kunjungi. Uluwatu merupakan sebuah tebing yang berbatasan langsung dengan laut lepas. Terdapat sebuah pura yang berada tepat di atas tebing tersebut. Pemandangan dari atas tebing sangat cantik dengan langit dan laut lepas yang bewarna biru. Ketika saya berkunjung kesana, sedang ada anak-anak SD di bali yang melakukan kunjungan ibadah, mereka bersembahyang memakai pakaian adat yaitu kebaya dan kain yang bewarna putih. Sayangnya pura ini terbatas hanya untuk orang yang ingin beribadah saja yang dapat masuk ke dalam pura. Jalan menuju uluwatu, kita bisa melihat pemandangan berupa hutan di kiri dan kanan jalan, karena sewaktu saya berkunjung sedang musim kemarau banyak pepohonan yang kering dan meranggas, namun terlihat cantik.

Setelah mengunjungi Uluwatu, kami lanjutkan perjalanan menuju pantai yang tidak jauh dari sana, pantai tersebut bernama suluban atau yang lebih dikenal dengan blue point beach. Sebenarnya banyak pantai yang dapat di singgahi di sepanjang perjalanan pulang atau menuju uluwatu. Beberapa pantai diantaranya pantai pandawa, dream land, dan suluban ini. Namun karena saya belum pernah ke pantai ini, saya merasa tertarik dan terlebih lagi suami saya di beberapa bulan sebelumnya pernah berkunjung ke pantai ini dan dia merekomendasikan pantai ini untuk dikunjungi. Kesan pertama yang saya dapatkan, pantai ini berada di bawah tebing, sehingga menuju ke pantai ini kita harus menuruni anak beberapa tangga, cukup membuat berkeringat. Kita juga akan melewati gua ketika menuruni anak tangga. Ketika sampai di vivir pantai, pemandangan warna lautnya memang sangat cantik, seperti laut tersembunyi yang belum banyak terjamah orang. Namun sayangnya banyak sekali warga asing yang memanfaatkan pantai ini untuk berjemur, saya agak risih dengan bule-bule yang berjemur, sehingga kami pun tidak berlama-lama di pantai ini. 


Pantai terakhir yang kami kunjungi selama dibali adalah tanah lot. Tanah lot sendiri merupakan sebuah pura yang berada di batu/pulau kecil dekat dari pantai. Terdapat beberapa pura di dalam kompleks tanah lot ini. Sewaktu kami berkunjung kesana sedang ada perayaan umat hindu, terdapat sekelompok orang yang menyediakan makanan besar untuk dimakan bersama-sama. Beberapa Ibu yang menggunakan pakaian adat terlihat sedang sibuk menyiapkan makanan untuk mereka makan bersama.

kuta beach yang tidak jauh dari hotel tempt kami menginap


pemandangan uluwatu yang mengarah ke laut lepas


pemandangan hutan yang berada di sisi kiri dan kanan jalan menuju uluwatu

pura uluwati yang tidak semua orang dapat memasukinya, hanya yang berkepentingan beribadah yang dapat masuk ke dalam pura

pantai suluban/ blue point beach


pemandangan dari pantai suluban

Fathian puciiing banyak bule berjemulll katnyaa…

tanah lot



pemandangan dari atas bukit memandang pura tanah lot


beberapa Ibu sedang menyiapkan makanan untuk dimakan bersama


Tidak ada komentar:

Posting Komentar