Baking & Travelling

Sabtu, 13 Februari 2016

Suku Baduy

Baru-baru ini saya mengunjungi desa ciboleger, banten. Tujuan saya kesana yang pertama adalah mengunjungi rumah orang tua tante saya yang memang tinggal disana, yang kedua tentunya mencari duren mengingat saat ini sedang musim duren. Ciboleger adalah daerah dimana tempat suku baduy berada. Desa Ciboleger terkenal dengan penghasil duren. Rasa duren yang berasal dari sini sangaat enak, dan harganyapun sangat murah, hanya 10rb saja per buah. Kebanyang donk para pecinta duren seperti saya senangnya seperti apa bisa memborong duren semurah itu. Walaupun perjalanan menuju desa ciboleger ini memang tidak mudah, butuh waktu sekitar 4 jam untuk sampai ke desa ini dari tangerang, rumah nenek saya. Tapi begitu sampai dirumah tante saya, kami langsung disuguhi duren yang legit-legit sekali, rasa lelah perjalanan tadi hilang seketika digantikan dengan lezatnya si duren baduy. Rumah tante saya letaknya tidak jauh dari desa orang suku baduy, sehingga saya bisa berjalan-jalan ke dalam suku baduy. Namun saya hanya sanggup ke desa suku baduy luar saja, sedangkan jika kita mau ke tempat suku baduy dalam, harus menempuh perjalanan minimal 2 jam berjalan kaki. Saya sudah membayangkan kaki saya seperti apa lelahnya ditambah dengan membawa anak-anak kecil yang pasti tidak anak kuat berjalan selama itu. Sehingga kami putuskan untuk sampai baduy luar saja. Orang suku baduy biasa membuat kerajinan tangan untuk dijual kepada pengunjung, seperti mebuat kain tenun dan anyaman. 



wanita baduy bisanya menyibukan diri dengan menenun, karena di desa baduy segala bentuk teknologi dilarang termasuk listrik. Sehingga sehari-hari tidak ada listrik, dan kalau malam pun hanya menggunakan lampu obor saja. 


Duren baduy, duren ini sangat legit sangat jauh bila dibandingkan dengan duren montong rasanya. Biasanya suku baduy membawa hasil duren ini dari atas gunung ke bawah dan yang membawa terdapat anak-anak kecil dengan upah hanya dua ribu rupiah untuk sekali angkut daria atas gunung ke bawah

suasana di kampung suku baduy luar

perjalanan yang jauh dan panjang menuju desa ciboleger


Tidak ada komentar:

Posting Komentar